Magetan. Babinsa Koramil 0804/10 Kawedanan Koptu budi Santoso bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kawedanan Bripka Ari dan Pemdes Selorejo melaksanakan kegiatan pendampingan Vaksinasi PMK sebagai upaya pengendalian dan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak berkuku belah di wilayah Desa Selorejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan, kamis (20/10/2022)

Kegiatan ini dihadiri oleh tim Puskeswan wilayah kawedanan, Babinsa desa Selorejo koptu Budi Santoso, Babinkantibmas Bripka Ari, perangkat desa Selorejo dan masyarakat pemilik hewan ternak sapi wilayah desa Selorejo Kecamatan Kawedanan.

Dalam kesempatan ini, drh. Erlambang selaku Koordinator Puskeswan wilayah kecamatan Kawedanan menyampaikan bahwa, gerakan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) melalui Vaksinasi PMK ini sebagai tindak lanjut dan pendataan yang telah terjadwal pada hari ini kamis, 20/10/2022 di wilayah desa Selorejo Kecamatan Kawedanan dengan sasaran hewan ternak berupa sapi sejumlah 100 ekor, “Tujuan gerakan ini adalah untuk pencegahan penularan penyakit PMK yang di sebabkan virus,” Jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, walaupun virus ini tidak berbahaya buat manusia tetapi dampaknya merugikan petani ternak khususnya sapi karena harga jual di pasaran murah bahkan tidak laku, Adapun ciri penyakit PMK ini adalah demam tinggi, air liur yang berlebihan, luka lepuh pada lidah, bibir, kuping, hidung dan kulit di antara kuku.

Sementara Koptu budi Santoso selaku Babinsa di wilayah desa Selorejo dalam kesempatan tersebut juga menghimbau kepada warga binaannya terutama yang mempunyai binatang ternak seperti sapi agar selalu menjaga kebersihan baik tempat/kandang maupun binatang ternaknya dan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Bila menemukan gejala PMK, segera laporkan ke dinas terkait agar bisa dilakukan pencegahannya, “tegasnya. (Prm/10)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.