Magetan. Guna menangkal paham radikalisme dan mencegah intoleransi di kalangan pelajar, Kodim 0804/Magetan bersama Bakesbangpol Magetan menyosialisasikan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada kalangan pelajar di SMAN Barat, Kec. Barat, Kab. Magetan.  Rabu (12/4/2023)

Pelda Rohmad Effendi anggota Staf Intelijen Kodim 0804/Magetan memberikan materi Wasbang terkait dengan implementasi Pancasila dan bahaya paham radikalisme dihadapan pelajar SMAN 1 Barat.

Pelda Rohmad Effendi menjelaskan, Wasbang adalah konsepsi cara pandang yang dilandasi atas kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, Wasbang perlu diberikan mulai sejak dini, karena pelajar merupakan sebuah aset bangsa yang sangat berharga sehingga perlu dijaga keberadaannya dari bahaya paham radikalisme dan intoleransi.

“Pengaruh paham radikalisme dan intoleransi yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa dan negara. Sehingga perlu adanya pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya tersebut,” ujarnya.

Pelajar sebagai Agen Perubahan selain itu, mereka juga nantinya yang akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa ini. Oleh karenanya sangat penting ditanamkan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme dan Bela Negara sejak dini.

Oleh karena itu guna mengantisipasi paham radikal dan mencegah intoleransi, ia mengajak pelajar SMAN 1 Barat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sangat penting dilakukan baik di lingkungan sekolah maupun  di masyarakat.

“Untuk itu nilai-nilai Pancasila marilah kita terapkan dalam berbagai aspek kehidupan bahkan di lingkungan sekolah. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga semua warga negara wajib mengerti dan mengetahui pancasila sebagai dasar negara,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Barat Sudjianto, M.M.,  menilai kegiatan seperti ini sangatlah penting, sebagai wahana untuk memupuk rasa nasionalisme bagi siswa SMAN 1 Barat, Pihaknya juga sangat mendukung kegiatan yang di lakukan Kodim 0804/Magetan bersama Bakesbangpol Magetan, ia berharap  para pelajar dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam membangun bangsa dan menjaga keutuhan NKRI, “ungkapnya”. (red)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.