Magetan.  Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atas nama Rubiantov (41th), dengan alamat Desa Belotan RT 043 RW 015 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Babinsa Koramil 0804/13 Bendo Jajaran Kodim 0804/Magetan bersama Babinkamtibmas dan Dinsos melakukan penanganan kesehatan dengan cara mengobatkan yang bersangkutan ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Kamis (07/06/2023)

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan Dinsos melalui Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak menular dan Kesehatan Jiwa,” terang Bpk. Dimas selaku tim dari Dinsos

Ditegaskannya, Dinsos Magetan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara komprehensif, berkesinambungan dan bermutu melalui pelayanan kesehatan berupa upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.

Bpk.Dimas mengakui, peningkatan kualitas hidup ODGJ juga semakin sulit dilakukan karena masih rendahnya pengetahuan ODGJ, keluarga dan masyarakat mengenai isu kesehatan jiwa.

“Selain itu, banyak ODGJ yang belum memiliki kepatuhan dalam mengkonsumsi obat secara rutin. Kurangnya pengetahuan serta motivasi dari keluarga untuk lebih peduli terhadap ODGJ sehingga pengawasan maupun pengontrolan dalam patuh minum obat masih rendah,” jelasnya.

Kemudian keluarga maupun ODGJ juga untuk mengakses fasilitasi kesehatan  masih rendah. Sehingga pengawasan maupun pengontrolan dalam patuh minum obat masih rendah.

Disela-sela kegiatan Babinsa Koramil 0804/13 Bendo Sertu Suyono  menjelaskan “Untuk  perlu peran serta keluarga, lintas sektoral, warga masyarakat  dalam pendampingan ODGJ sangatlah dibutuhkan, Upaya yang terus dilakukan, yakni “Cegah Kekambuhan Dengan Minum Obat Teratur” (CEMBOKUR), melakukan Kunjungan Rumah Kesehatan Jiwa dan Konseling Bagi Keluarga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Pemantapan Pengawasan Minum Obat ODGJ, serta melakukan Komunikasi dan koordinasi serta advokasi kepada lintas sektoral terkait (Kepala Desa dan Dinas Sosial) untuk menerapkan sistem rujukan yang efektif untuk kasus kesehatan jiwa yang berat di dalam masyarakat.

“Diharapkan melalui kegiatan ini ODGJ kualitas hidup ODGJ menjadi lebih baik, keluarga dan masyarakat dapat berpartisipasi dengan pro aktif serta lintas sektoral dapat bekerjasama dengan baik,” harapnya.(R.13)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.