Magetan. – Babinsa Ngunut Sertu Dedi Hermanto dampingi Bidan Desa memberikan sub Pekan Imunisasi Nasional Volio. Pemberian vaksin Polio tetes pada anak usia 0-7  bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit Polio. Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio dilaksanakan selama 2 kali putaran yaitu tanggal 15-21 Januari 2024 dan putaran kedua tanggal 19-25 Februari 2024.

Hadir dalam giat tersebut Kepala Desa Ngunut Bpk Joko Santoso, Babinsa Ngunut Sertu Dedi Hermanto,Bidan Desa Ngunut Ibu ika Ari W S.Keb,team Nakes dari Puskesmas Tladan dan Kader Posyandu Desa Ngunut.Selasa 16-01-2024

Babinsa Desa Ngunut Koramil Tiipe B 0804/10 Kawedanan Sertu Dedi Hermanto mendampingi Giat Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio dalam kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 56 anak di Balai Desa Ngunut Kec. Kawedanan Kab. Magetan.

“Sub Pekan Imunisasi Nasional putaran satu bertepatan tanggal 15 Januari kemudian putaran dua 19 Februari 2024, dengan interval satu bulan. Kami akan menyasar anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, sekalipun imunisasi anak itu sudah lengkap,” Bidan Desa Ibu Ika Ari. W S.Keb dari Puskesmas Tladan.

Ibu Ika Ari . W S.keb berharap orang tua yang memiliki bayi dan balita ikut berpartisipasi dan memberikan imunisasi polio kepada anak mereka. Ia juga meminta kepada tenaga kesehatan untuk berperan aktif serta mengajak masyarakat tentang pentingnya imunisasi polio.

Sebagai informasi, vaksin yang akan diberikan adalah nOPV2 atau vaksin polio dengan Novel Oral Polio Vaksin tipe 2. Vaksin baru nOPV2, menjadi upaya untuk menanggulangi KLB polio, terutama pada kasus polio tipe dua yang bermutasi (VDPV2).

Vaksin tersebut merupakan vaksin polio generasi terbaru yang telah digunakan untuk meredam kasus KLB cVDPV2 di 21 negara. Di samping itu, pihaknya akan terus memperkuat pelaksanaan kegiatan surveilans lumpuh layu akut dan surveilans polio lingkungan.

Ditempat yg sama Sertu Dedi mengatakan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa untuk selalu memonitor dan berperan aktif dalam giat diwilayahnya termasuk dalam giat vaksin kali ini.Dalam vaksin kali ini sebanyak 56 anak mendapatkan imunisasi vaksil volio.

Sertu Dedi berharap dengan  adanya vaksin kali ini dapat mencegah penyakit volio dan lumpuh layu.

Kedepan diharapkan tdk ada lagi anak anak di Indonesia umumnya kususnya di Desa Ngunut yg terkena penyakit volio dan lumpuh layu sehingga generasi kedepan lebih sehat dan dan bebas volio. “Ungkap Sertu Dedi.(R10)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.