Magetan. Sebagai upaya mengantisipasi timbulnya Demam Berdarah Dengue (DBD), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0804/01 Magetan, Sertu Edi Alroni bersama perangkat desa mendampingi petugas Puskesmas Candirejo dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan melaksanakan kegiatan pengasapan atau fogging di RT 1, RT 2, RT 4 RW 3 Desa Ringinagung , Kecamatan Magetan,  Kabupaten Magetan. Kamis (25/1/2024)

Fogging merupakan salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, dengan menggunakan mesin yang mengeluarkan asap berisi insektisida. Insektisida inilah yang kemudian akan bekerja membunuh nyamuk dewasa penyebab penyakit DBD.

“Kegiatan fogging ini diinisiasi oleh Puskesmas Candirejo dan Dinkes Kabupaten Magetan, dengan menyisir rumah-rumah warga beserta lingkungannya, khususnya tempat-tempat yang berpotensi berkembangnya nyamuk aedes aegypti,” ungkap Sertu Edi Alroni.

Selain itu, untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah pihaknya juga menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Yaitu dengan melakukan 3-M, Menguras, Menutup dan Mengubur. Selain lingkungan bersih dan asri, kita juga menjadi sehat dan produktif,” pungkasnya.

Sementara itu Triyana Kades Ringinagung , menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dan secara bersama sama membantu masyarakat untuk menanggulangi penyebaran penyakit Demam Berdarah.

“Atas nama Pemerintah desa Ringinagung saya mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Candirejo, Dinas Kesehatan dan Babinsa yang telah membantu masyarakat untuk melakukan kegiatan pengasapan atau Fogging, mudah–mudahan bisa mencegah berkembangbiaknya Demam Berdarah,” ungkap Triyana. (R.01)

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.