Magetan.  Mengingat saat ini masih dalam situasi dan kondisi pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan, maka upacara peringatan hari lahirnya pancasila di Kab.  Magetan kali ini diselenggarakan secara  virtual di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan.  Selasa (1/06/2021)

Tapak Hadir dalam upacara yang digelar secara virtual antara lain Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo,  Bupati Magetan Suprawoto,  Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana dan jajaran Farkopimda lainya serta pejabat OPD dilingkungan Pemkab Magetan.

Saat dikonfirmasi usai kegiatan Dandim 0804/Magetan menuturkan bahwa Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika yang InsyaAllah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Pancasila merupakan berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita melalui para founding fathers Indonesia, dan pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 dimana Pancasila telah berperan sebagai falsafah serta dasar negara yang kokoh sebagai fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kita bangsa Indonesia memiliki kemajemukan yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, “pungkasnya”. (Pen0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.