Magetan – Babinsa Desa Ringinagung Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Sersan Mayor Nyamin  melatih anggota perlindungan masyarakat (Linmas) bertempat di ruang rapat kantor Desa Ringinagung Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.Selasa (21/12/2021)

Hadir dalam kegiatan pelatihan linmas tersebut diantaranya Kepala desa Ringinagung Bpk.Yully Bagus Trisnawan S.Sy ,Bhabinkabtibmas Ds. Ringinagung Bripka Joko Prasetyo,Babinsa desa Ringinagung Serma Nyamin,Perangkat Desa Ringinagung,Anggota Satlinmas Desa Ringinagung.

Pelaksanaan pelatihan tersebut diikuti oleh sebanyak 29 orang anggota Linmas Desa Ringinagung, dengan format pengisian materi di ruangan dan di lapangan.

Dalam pelatihan Linmas di ruangan Babinsa dan Bhabinkamtibmas  mengisi materi yang berkaitan dengan tugas linmas, fungsi linmas, juga hak dan kewajiban dari anggota linmas.

Garis besar tugas Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, dan membantu upaya pertahanan Negara serta fungsi Linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.

Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara, serta

kedisiplinan adalah merupakan modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan.

Setelah selesai memberikan materi di ruangan Kemudian Babinsa dan  Bhabinkamtibmas  melanjutkan dengan memberikan materi lapangan yakni pelatihan baris berbaris (PBB) kepada anggota Linmas di halaman balai desa Ringinagung.

Terlihat para angota Linmas yang mendapat pelatihan sangat antusias penuh rasa semangat dan senang hati dalam melaksanakan latihan, dari semangat itulah membuat Babinsa dan Bhabinkamtibmas merasa bangga, walaupun rata-rata anggota Linmas sudah berumur akan tetapi sangat semangat dalam menjalankan setiap gerakan dalam pelatihan.

Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani saat dikonfirmasi terpisah membenarkan apa yang telah dilaksanakan oleh Babinsa Desa Ringinagung bersinergi dengan Bhabinkantibmas melatih dan mempersiapkan Linmas dalam rangka peningkatan kapasitas Linmas di Desa binaan, dan semoga dengan pelatihan tersebut bisa menjadikan modal utama untuk keberadaan Linmas di Desa sebagai unsur pertahanan sipil.

Danramil juga menjelaskan bahwa  dalam pelatihan linmas tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19.pungkas Kapten Caj Jemani.(R 01).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.