Magetan. Babinsa Desa Purwosari Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804  Magetan Serka Sutoyo dilibatkan dalam kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang digelar Puskesmas Candirejo di Desa Purwosari Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Kamis (20/01/2022).

Babinsa bergabung dengan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan dan Puskesmas Candirejo serta Kader Kesehatan Desa Purwosari. Hal yang dilakukan yaitu melakukan pengasapan atau fogging terhadap tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk.

Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani mengatakan adanya kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di desa-desa wilayah Kecamatan Magetan, kita libatkan Babinsa untuk mengikutinya.

Tujuannya selain mendukung program PSN juga sebagai ajang komunikasi sosial dengan masyarakat di desa binaan.

“Kita libatkan Babinsa dalam kegiatan PSN sebagai wujud kepedulian TNI AD di bidang kesehatan. Kita dukung program pemerintah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat yang dapat berpengaruh terhadap stabilitas keamanan,” ucapnya.

Sementara itu, Rajab selaku Kades Purwosari menyampaikan kegiatan PSN ini dilaksanakan karena mengantisipasi penyakit demam berdarah. Kegiatan dilakukan dengan penyemprotan khususnya di wilayah dusun Sono.

“Fogging dilakukan bekerja sama dengan seluruh pihak terkait. Tujuannya memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk demam berdarah di wilayah Desa Purwosari,” jelasnya.

Rajab menambahkan, selain fogging pada hari ini, akan dilakukan rutin sosialisasi gerakan 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur. Kegiatan sosialisasi berupa menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas akan dilaksanakan rutin setiap minggu.

Selain melaksakan fogging dan pemberantasan sarang nyamuk guna membasmi nyamuk aides aigepti penyebar demam berdarah, Babinsa juga  memberikan himbauan kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19 di desa Purwosari. (Pnj/01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.