Magetan. Sebagai upaya untuk menumbuhkan sikap dan menanamkan nilai-nilai Pancasila di hati setiap warga negara. Kodim 0804/Magetan melakukan sosialisasi pembentukan Kampung Pancasila di tiap-tiap Kecamatan di Kabupaten Magetan, kepada para Danramil dan Babinsa jajaran di Aula Makodim 0804/Magetan, Kamis (24/02/2022).

Sosialisasi ini dilakukan wujud antualisasi perintah pimpinan TNI AD melalui Kodim 0804/Magetan sebagai upaya membentengi diri lingkungan masyarakat dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini dinilai perlu mengingat Pancasila sebagai dasar negara, selain sebagai pandangan hidup dan alat pemersatu bangsa.

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo S.I.P mengatakan, bahwa pembentukan Kampung Pancasila ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila. Bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku dan agama namun tetap damai dan saling menghormati.

“Terbentuknya Kampung Pancasila nantinya akan memelihara nilai-nilai luhur bangsa dan negara serta untuk meningkatkan pengamalan pancasila ditengah-tengah masyarakat di Kabupaten Magetan”, kata Dandim.

Diharapkan melalui pembentukan Kampung Pancasila ini  nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila dapat dilaksanakan oleh masyarakat melalui wujud nyata di wilayah dengan menjaga kerukunan, keharmonisan dan toleransi serta persatuan walaupun berbeda etnis, suku dan agama, “ungkapnya”. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.