Magetan.  Sebagai upaya melestarikan adat dan budaya sebagai warisan leluhur dan untuk menumbuhkan kearifan lokal dan promosi ekowisata di wilayah Magetan, Dandim 0804/ Magetan menghadiri acara prosesi adat bersih desa/Labuhan Sarangan di telaga Sarangan kec. Plaosan Kab. Magetan. Sabtu (19/03/2022)

Acara ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat kelurahan sarangan yang diberikan keselamatan selama setahun. Acara sacral ini merupakan acara menarik yang mampu menarik wisatawan mengunjungi Magetan mulai wisatawan local Magetan sampai sejumlah wilayah Kabupaten lain di wilayah Jawa Timur.

Acara adat bersih desa/Labuhan Sarangan ini sudah berlangsung lebih dari 500 tahunan, pelaksanaannya sendiri jatuh pada hari jum’at pon bulan sya’ban atau ruwah.

Dandim 0804/Magetan mengatakan, “Kebudayaan adalah identitas suatu bangsa yang di dalamnya terdapat berbagai keunikan serta mempunyai makna tersendiri yang harus dijaga dan dilestarikan. Seperti yang digelar saat ini oleh masyarakat kelurahan sarangan dimana kegiatan Acara bersih desa/Labuhan Sarangan ini merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat dari Allah SWT yang diberikan kepada warga yang tinggal di seputaran telaga Sarangan atas rezeki dan berkah yang telah diberikan selama ini” (MC 0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.