Magetan.  Menjelang perayaan hari raya kurban atau Idul Adha 1443 H, petugas gabungan dari TNI/Polri bersama dengan Balai Karantina menggelar razia pada truk pengangkut ternak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah  tepatnya di Pos pemeriksaan Cemoro Sewu, plaosan, magetan.  Sabtu (11/6/2022)

Dalam kegiatan ini Personel Pos Penyekatan Cemorosewu yang terlibat adalah Anggota Babinsa Koramil Tipe B 0804/02 Plaosan, Polsek Plaosan, Dishub Magetan,  Dinas Peternakan dan Perikanan dan Satpol PP Kab. Magetan.

Dalam Upaya mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), petugas gabungan melakukan pengawasan terhadap pengiriman ternak yang berasal dari Jawa tengah dan Jawa timur. Hal ini dilakukan mengingat per hari ini di perbatasan Cemoro Sewu masuk dalam zona kuning kasus penyebaran wabah PMK yang telah ditemukan menjangkit ternak sapi.

Menurut keterangan Danramil 0804/02 Plaosan kapten Inf Gunawan, dalam upaya pengetatan pemeriksaan truk ternak ini, pihaknya menerjunkan personil TNI bersama Polri dan petugas gabungan lainnya terus melakukan razia seiring datangnya hari raya kurban mendatang. Targetnya ternak yang datang dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur dipastikan sehat dan bebas dari PMK.

Dari hasil razia hewan ternak baik sapi, kambing, dan hewan ternak berkuku dua yang masuk maupun keluar Kabupaten Magetan terpantau sehat dan tidak ditemukan suspect PMK, “ungkapnya”. (Red/02)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.