Magetan.  Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan memberikan pelatihan dan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang ada di wilayahnya. Materi yang diberikan adalah pemantapan cinta tanah air, memberikan pembekalan dan pengajaran tentang wawasan kebangsaan di sekolah tersebut.  Tidak hanya wawasan kebangsaan yang diajarkan tapi juga memberikan pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris).

Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Kapten Caj Jemani  mengatakan pelatihan tersebut sebagai upaya TNI-AD untuk mengembangkan potensi Pramuka demi peningkatan keahlian dan kualitas dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun di lingkungan sekolah.

Pelatihan tersebut sebagai upaya TNI-AD untuk mengembangkan potensi pramuka demi peningkatan keahlian dan kualitas dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun dilingkungan sekolah.

Kapten Caj Jemani mengatakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kemahiran anggota Pramuka tersebut dilaksanakan di halaman Makoramil Tipe B 0804/01 Magetan, pada Minggu (05/06/2022). Sebagai pelatih adalah Babinsa Kelurahan Selosari Peltu Ari Himawan.

“Anggota Saka Wira Kartika merupakan mitra TNI-AD dari kalangan generasi muda. Maka anggota Pramuka juga diberikan pelatihan bagaimana TNI-AD dalam menjaga keamanan tetap kondusif,” kata Danramil.

Dalam situasi masih pandemi Covid-19, anggota Saka Wira Kartika juga diberikan pelatihan untuk berperan serta dalam mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Terutama kepada generasi muda guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, saya harapkan gerakan Pramuka dapat menjadi pelopor untuk memberikan contoh yang baik serta memberikan edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19,” tutur Kapten Caj Jemani.

Peltu Ari Himawan selaku pembina Saka Wira Kartika saat pelatihan menerangkan pelatihan tersebut diberikan dengan tujuan agar anggota Saka Wira Kartika Koramil Tipe B 0804/01 Magetan lebih disiplin, patuh dan mengerti tugas serta bertanggungjawab.

Pelatihan sekaligus sebagai bekal anggota Saka bila dikemudian hari menjadi pembina terhadap adik-adik tingkat yuniornya sudah terpupuk oleh para Pembina dari Koramil Tipe B 0804/01 Magetan.

Peltu Ari Himawan menambahkan agar anggota Saka Wira Kartika jangan sekali-kali mencoba yang namanya narkoba karena berdampak kepada kerusakan psikis bahkan sampai kematian.

“Anggota Pramuka sebagai generasi muda penerus bangsa, harus belajar yang rajin dan terus berlatih agar dapat membantu masyarakat serta dapat mewujudkan cita-cita sesuai dengan yang dicita-citakan,” pungkas Peltu Ari Himawan. (R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.