Magetan.kodim-magetan.com – Babinsa Kelurahan Tawanganom Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Sertu Ponijan bersama Tiga Pilar Kelurahan Tawanganom melaksanakan pemantau kegiatan Lounching Kebun Buah Srogo,Ngopi Bareng dan Gelar Buah Magetan bertempat di Jln.Raya Magetan-Panekan (Srogo) Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.Senin (25/07/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si (Bupati Magetan),Wakil Bupati Magetan,Asisten 1,2,Ketua komisi D,Kepala TPHPKP Kab.Magetan Ir Uswatul Khasanah MMA,Sekcam Fisco Yudha Arista S.STP,Kepala Desa/kelurahan Sekecamatan Magetan,Bhabinkamtibmas Kelurahan Tawanganom Aipda Maryanto,Babinsa Kelurahan Tawanganom Sertu Ponijan,Perangkat Kelurahan Tawanganom,Tamu undangan 300 orang

Dalam sambutannya Bupati Magetan menyampaikan bahwa di belakang Kantor Penyuluhan pertanian kecamatan Magetan ini ada sedikit lahan kosong seluas 2 hektar aset milik Kabupaten, jadi kita  memanfaatkan lahan ini untuk ditanam sayur-sayuran dan buah-buahan. Kita juga buat kolam ikan, jadi perkebunan semi taman, karena bisa dibuat untuk rapat,” ujarnya.

Ketahanan pangan, lanjutnya, merupakan salah satu masalah yang harus ditangani bersama tidak hanya oleh pemerintah namun harus didukung aktif oleh peran serta masyarakat. Untuk itu, Bupati Magetan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sisa lahan pekarangan di sekitar rumah sebagai ketahanan pangan keluarga.

“Saya berharap Kebun Buah bisa dijadikan pembelajaran dan dimanfaatkan untuk eduwisata kelompok pertanian atau siswa sekolah ataupun masyarakat Magetan pada umumnya untuk diterapkan dilingkungan masing-masing. Sehingga hasil pertanian dipekarangan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.”

Selain itu, tambahnya, apabila ‘Kebun Buah’ dikembangkan dengan didukung teknologi mumpuni dan pemanfaatan lahan kosong dimaksimalkan tentu saja bisa dijadikan sumber penghasilan pangan. Dalam kesempatan tersebut Bupati beserta Ketua Tim Penggerak PKK Magetan bersama jajaran terkait memetik panen perdana Kebun kita berupa melon emas dan kelengkeng. Dalam kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman.Pungkas Sertu Ponijan(R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.