Magetan. Hari ketiga masuk sekolah tahun ajaran baru, Bati tuud Koramil 0804/10 Kawedanan pelda Suwanto memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar di SMPN 2 kawedanan, Kecamatan kawedanan, Kabupaten Magetan, Rabu (13/07/2022).

Pembekalan Wasbang bertema Nasionalisme Dan Bela Negara ini, diikuti sekitar 56 pelajar di SMPN 2 kawedanan tersebut. “Selain untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kegiatan ini untuk memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada para pelajar,” kata pelda Suwanto usai memberikan materi Wasbang.

Pelda Suwanto mengatakan bahwa Wasbang harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. “Jadi Wasbang ini sangat penting,”tegasnya”.

Pada kegiatan tersebut, pelda Suwanto mendorong minat generasi muda terkait pemahanan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa. “Tujuannya agar terbentuk generasi yang berjiwa nasionalisme dan patriot. Dan diharapkan juga para peserta bisa menerapkan ini dalam kehidupannya sehari-hari,” kata Pelda Suwanto lagi.

Dalam kegiatan ini juga, pelda Suwanto mengenalkan kepada para peserta tentang wawasan Pancasila, konsep bela negara, cinta Tanah Air, serta sekilas tentang pertahanan negara dan nilai-nilai kebang­saan. “Pancasila itu bukan hanya sekadar hapalan saja, tapi pengamalan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan aspek penting,” ujarnya.

Usai pemberian materi wawasan kebangsaan, dilanjutkan dengan latihan PBB. Para siswa-siswi diajarkan mengenai gerakan di tempat, gerakan perubahan arah, gerakan berjalan dan penghormatan.

Di temui di tempat Terpisah, Danramil 0804/10 kawedanan kapten inf Sarpan mengungkapkan, pemberian materi PBB dan Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk membentuk karakter kedisiplinan para siswa sejak dini.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan sikap displin, jiwa nasionalisme, sikap patriotisme di kalangan para siswa,” ucap Danramil.

Danramil juga berharap, siswa-siswi yang merupakan generasi muda bangsa dapat membentengi diri dan terhindar dari pengaruh negatif seperti Narkoba, faham radikalisme dan pergaulan menyimpang lainnya. “Pungkasnya”.

Sementara itu kepala sekolah SMPN 2 kawedanan Sukadi S.pd M.pd. menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bapak  Koramil 10 Kawedanan yang telah memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan dan pelatihan PBB  kepada anak didik kami.

“Sebagai pengajar kami sangat berharap bahwa kegiatan ini menjadi agenda rutin, sehingga akan menambah pengetahuan dan semangat belajar, kepada seluruh siswa dan siswi SMPN 2 kawedanan kami ini” Tuturnya. (Prm/10)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.