kodim-magetan.com | Magetan Bendo – Babinsa Sertu Jayadi sbg Bintara Pembina Desa turut hadir di tengah tengah masyarakat dlm acara peringatan 1 muharram yg digelar diPunden Bangle dan Punden Pilang Desa Setren yg di laksanakan secara bersamaan ini diwujudkn berupa Bersih Desa atau Sedekah Bumi yg merupakan tradisi turun temurun dr nenek moyang pendahulu penemu atau yg babat alas desa setren yg dilaksanakan setiap tahunnya agar tdk dilupakan. Seperti halnya masyarakat Dusun Bangle dan Dusun Pilang Desa Setren Kecamatan Bendo. Rabu (31/08/2022 )

 

Bersih Desa-Sedekah Bumi di Dusun Bangle dan Dusun Pilang Desa Setren merupakan guyup rukun tdk membeda bedakan kasta, derajat antara yg kaya maupun yg miskin semua sama berkumpul jd satu utk melestarikan adat budaya.  sebagai wujud rasa syukur warga desa atas rahmad Alloh Swt Tuhan yg maha Kuasa kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun yg akan datang.

 

Sebelum di laksanakan acara tsbt di awali paginya dengan kerja bakti bersama sama membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh seluruh warga dusun Bangle maupun warga Dusun Pilang baik membenahi jalan atau gang-gang,pos kamling, selokan,masjid dan mushola agar terlihat rapi dan bersih. “Ujar Sertu Jayadi

 

Dalam acara itu, warga Dusun Bangle dan warga Dusun Pilang berbondong bondong membawa tumpeng sbg hidangan dari hasil panen sawah dan ladangnya,di sajikan berupa makanan yg sdh dimasak nantinya dimakan bersama sama setelah dibacakan do’a oleh modin( kaur Kesra) bpk Dukut sbg tokoh agama Ds Setren.

 

Acara bersih Desa juga di suguhkan kesenian daerah yaitu gambyong dan jga kesenian Reog Sadrio Krido utk menghibur warga yg hadir

 

Kades Setren Bp. Sunarto selaku penanggung jawab kegiatan bersih desa dalam sambutanya menyampaikan bahwa dlm acara ini kita jgn sampai menyekutukan Alloh Swt atau Syirik yg memuja muja punden akan tetapi kita selaku umat beragama khususnya Agama Islam tetap menyembah kepada Alloh Swt Tuhan yg maha pencipta yg telah memberikan rahmad serta hidayahNya sehingga kita dpt berkumpul bersama sama utk melestarikan budaya agar tdk luntur, cm di wadahi dg namanya Bersih Desa atau sedekah bumi Ujarnya.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Kades Setren Bpk Sunarto beserta perangkatnya, Babinsa Koramil tipe B 0804/13 Bendo Sertu Jayadi, Babinkantibmas polsek Bendo Aipda Anang,BPD,Tokoh Agama,Tokoh pemuda serta seluruh warga Desa setren. (red/R13)

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.