Magetan. Babinsa Koramil Tipe B 0804/13 Bendo Kodim 0804/Magetan Serda Tri Agung B.R bersama Bhabinkamtibmas Bripka Sudar Anggota Polsek Bendo dan Kasi Trantib Kecamatan Bendo Suparno memberikan materi pada Pelatihan dan Pembinaan Linmas Desa Kinandang Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan.

Kegiatan bertajuk “Pelatihan Kesiap siagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana” berlangsung di Balai Desa Kinandang Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Senin (19/09/2022).

Pelatihan dan Pembinaan Satlinmas dibuka oleh Kepala Desa Kinandang Darmaji Widodo dihadiri Kasi Trantib Kecamatan Bendo Suparno dan diikuti Anggota Linmas Desa Kinandang sebanyak 30 orang.

Kades Kinandang Darmaji Widodo, dalam Sambutanya menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran tugas Linmas untuk itu para anggota Linmas agar menyimak dan memahami materi yang akan disampaikan Babinsa maupun Bhabinkamtibmas.

“Pelatihan ini juga sekaligus untuk apel pengecekan kesiap siagaan anggota Linmas dalam menghadapi situasi apabila sewaktu waktu terjadi bencana diwilayah khususnya di Desa Kinandang maka dari itu diadakan Latihan Mitigasi bencana, agar Linmas lebih siap dan memahami tugasnya, Semoga pelatihan dan pembinaan Linmas yang dilaksanakan rutin tiap tahun demi memperlancar tugas dan fungsi Linmas di desa, ”ungkapnya.

Sementara Babinsa Koramil Tipe B 0804/13 Bendo Serda Tri Agung B. R yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa Desa Kinandang  dalam materi bertajuk “Mengantisipasi Bencana Alam”, diantaranya menyampaikan tugas pokok dan fungsi Linmas salah satunya membantu dalam penanggulangan bencana alam. Artinya Linmas harus siap siaga jika terjadi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, pohon tumbang, kebakaran, dan lain-lain.

 Sebelum masuk ke materi Mitigasi bencana Babinsa Serda Tri Agung B.R dalam arahannya menyampaikn kepada para anggota linmas untuk terus mengingatkan kepada warganya agar dalam keseharianya untuk berhati-hati sebagai, “Upaya mengantisipasi bencana kebakaran diantaranya membakar sampah pada tempatnya, tidak membuang puntung rokok sembarangan, kalau meninggalkan rumah di cek betul kompor sudah mati apa belum, Instalasi listrik rumah masih layak apa tidak. ”terangnya.

Ditempat yang berbeda Kapten inf Arif Wahyu Jatmika sebagai Danramil Tipe B 0804/13 Bendo mengatakan dalam kegiatan pelatihan Satlimas sangat penting pemberian materi Mitigasi bencana dan pembinaan anggota satlinmas karena bertujuan mengoptimalkan peran tugas linmas sebagai garda terdepan diwilayah desa apabila terjadi bencana maka tidak bingung dan Sigap dalam meminimalisir korban bencana, karena sebagai linmas tugas pokoknya salah satunya membantu dalam penanggulangan bencana alam artinya anggota linmas harus Siap Siaga jika terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran dan lain-lain “Pungkas Danramil.

Pada hari ini untuk anggota linmas dilatih Mitigasi bencana kebakaran, tapi Sebelum materi Mitigasi bencana para anggota Linmas  dilatihkan PBB (Peraturan Baris Berbaris) terlebih dahulu kurang lebih 15 menit setelah itu dilanjutkan praktek cara memadamkan api dengan alat seadanya untuk pertolongan pertama pada bahaya kebakaran sebelum mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi seperti Karung goni yang sudah di basahi air, ember, penjolok, cara mengevakuasi korban baik harta benda dam lain-lain. (R13)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.