Magetan. Danramil 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani memberikan pembekalan berupa materi sosialisasi Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Alam dalam kegiatan Pembinaan anggota Linmas Desa Sumberdukun, bertempat di Balai Desa Sumberdukun Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan.  Selasa (06/09/2022)

Melalui kegiatan pembinaan Linmas di wilayah binaaan menjadi forum untuk menyampaikan sosialisasi terkait kebencanaan dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan geografis saat ini untuk wilayah Kecamatan Ngariboyo pada umumnya dan wilayah Desa Sumberdukun pada khususnya dimana ancaman potensi terjadinya bencana alam dapat terjadi kapan saja.

Terkait adanya ancaman bencana alam tersebut kita sebagai warga masyarakat perlu adaya sikap tanggap dan siapsiaga manakala dihadapkan pada situasi terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sering terjadi di musim penghujan.

Danramil 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani mengatakan, anggota Linmas sebagai unsur Perlindungan Masyarakat memiliki peran yang penting dalam membantu aksi tanggap bencana di wilayah desanya.

“Dengan adanya materi kesiapsiagaan bencana alam yang kita sampaikan maka anggota Linmas akan paham bagaimana prosedurnya apabila menghadapi bencana alam. Jadi saat terjadi Bencana, Linmas dapat bertindak dengan cepat dan tepat, siapa dan harus berbuat apa sudah tahu, sehingga saat itu anggota Linmas tidak bingung dan selalu sigap dalam memberikan penanganan dan evakuasi korban,” katanya.

Selain itu, peran Linmas dalam tanggap bencana, harus mengerti tugas pokok anggota Linmas salah satunya membantu dalam penanggulangan bencana alam. Pengetahuan-pengetahuan tentang kebencanaan ini agar disesuaikan dengan lingkungan setempat sebab tiap daerah memiliki potensi bencana alam yang berbeda-beda.

“Yang perlu diperhatikan dalam kesiapsiagaan bencana alam adalah mengajak masyarakat sekitar untuk peduli dan tanggap akan kondisi masing – masing, serta mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam penanganan bencana alam”, pungkas Danramil. (pnj/01)

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.