Magetan. Memasuki pergantian musim dari kemarau ke penghujan, Kodim 0804/Magetan bersama dengan BPBD Magetan mulai melakukan kesiapaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam baik itu banjir maupun tanah longsor. Kodim 0804/Magetan kali ini menggelar Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana  TA. 2022 bersama BPBD Magetan di Lereng Lawu Dusun Sengolangu, Kelurahan Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan. Kamis(20/10/2022)

Dandim 0804/Magetan melalui Pasiter Kapten Inf Joko Priyadi menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan tanggap bencana bagi TNI, Relawan dan masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan terkait tindakan preventif dan penanggulangan bencana.

Rangkaian Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana  ini meliputi manajemen kebencanaan, simulasi  serta tindakan-tindakan cepat tanggap dalam kondisi menghadapi bencana alam. Dalam kegiatan itu, tema yang diusung yakni “Bersama TNI Membangun Desa”.

Melalui kegiatan  ini, Pasiter Kodim 0804/Magetan berharap bisa menciptakan kader-kader tanggap bencana. Sehingga bisa membantu proses evakuasi, serta meminimalisir adanya korban apabila terjadi bencana,” pungkasnya.

“Wilayah kita sudah memasuki musim penghujan, perlu adanya antisipasi awal, salah satunya dengan kegiatan ini untuk menghadapi kemungkinan terburuk di beberapa wilayah, kami berharap tidak ada bencana di wilayah Kabupaten Magetan,” jelasnya.

Sementara itu, pemateri dari BPBD Magetan menjelaskan beberapa materi seperti mitigasi, peringatan dini, dan kesiapsiagaan.

“Tujuan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana  ini untuk meminimalisir dampak resiko dari bencana dan mengajak masyarakat untuk siap dan tanggap dalam menghadapi bencana. Meskipun pihak TNI sudah berpengalaman dan memiliki penanganan yang terbaik. Namun, tetap perlu ada koordinasi seperti saat ini,” ucapnya. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.