Magetan.kodim-magetan.com – Guna mengantisipasi dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa jajaran Koramil 0804/09 Sukomoro terus bersinergi dengan petugas Dinas Peternakan Magetan dan Kesehatan Hewan untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak warga.

Seperti hal yang dilakukan Babinsa Bibis, Serka Tukiyo dan petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Magetan melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik warga Desa Bibis, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Senin (3/10/2022).

Serka Tukiyo mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak milik warga. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengawasan terhadap PMK jika ada yang menyerang hewan ternaknya.

“Kami bersama petugas dari Dinas Peternakan terjun langsung ke lapangan untuk memantau kesehatan hewan ternak milik warga binaan dengan tujuan untuk mencegah kemungkinan adanya ciri-ciri hewan yang terjangkit virus PMK,” ujarnya.

Salah satu cara pencegahan yang baik terhadap virus PMK itu, tidak hanya memberikan makanan yang bagus untuk hewan ternak, tetapi juga faktor kandang yang harus memenuhi syarat.

Sarana dan prasarana seperti kandang untuk hewan ternak harus selalu dijaga kebersihannya. Karena itu, peternak diharapkan setiap pagi dan sore rajin membersihkan kotoran hewan yang ada di dalam kandang.

Dalam kesempatan tersebut, Serka Tukiyo juga mengimbau kepada seluruh warga Bibis yang memiliki hewan ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya.pungkas Serka Tukiyo(R.09)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.