Magetan. Babinsa Koramil 0804/06 Maospati Kodim 0804/Magetan melaksanakan pendampingan Program Nasional Penandaan dan Pendataan Hewan ternak untuk melakukan upaya vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Peternakan mulai melakukan penandaan dan pendataan hewan ternak berupa pemasangan anting telinga atau Eartag Secure QR Code yang terhubung secara digital. Tak hanya ternak yang telah divaksin, ternak yang belum divaksin dan tidak divaksin turut diberi eartag. Selasa (1/11/2022)

Petugas dari Kesehatan Hewan mengungkapkan bahwa, pemasangan Eartag Secure QR Code terhubung dengan aplikasi Identik PKH. Aplikasi ini bisa diunduh langsung pada handphone berbasis android melalui aplikasi Play Store.

Menurutnya, pemasangan eartag bertujuan memudahkan pencatatan dan pendataan sekaligus pemantauan jumlah populasi hewan, status reproduksi dan distribusi hewan ternak.

“Kami dari Dinperpa Kabupaten Magetan melakukan program penandaan dan pendataan sapi dan kerbau di seluruh wilayah Kabupaten Magetan Khususnya di wilayah Kec. Maospati secara bertahap berupa pemasangan anting telinga atau eartag yang di dalamnya ada barcode untuk dimasukkan ke aplikasi bernama ‘Identik PKH’,” tutur Petugas dari Peternakan di sela-sela pelaksanaan pemasangan eartag pada sapi-sapi

“Dalam aplikasi tersebut, petugas akan menginput semua data ternak dari mulai foto, NIK peternak, lokasi, status kesehatan hewan seperti tinggi Badan, Bobot Badan sapi, hingga status vaksinasi PMK hewan tersebut,” terangnya By (R.06)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.