kodim-magetan.com | Bati Wanwil Koramil 0804/11 Takeran Pelda Hartono hadiri pelaksanaan sosialisasi percepatan penurunan stunting tempat di Desa Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten  Magetan. sabtu (19/11/2022).

 

Pelda Hartono jelaskan bahwa petugas menghimbau kepada masyarakat Desa Tawangrejo yang Inti intinya,” Untuk mengurangi pernikahan yang belum cukup umur atau pernikahan terlalu muda sehingga bisa mencegah Stunting.

 

Pelda M Hartono  mengatakan, penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh kader pemberdayaan yang ada di wilayah kampung.Selanjutnya lewat Rembuk Stunting Kampung, seluruh pemangku kepentingan merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting termasuk bekerja sama dengan dinas layanan terkait. “Dukungan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi dalam upaya penurunan stunting antara lain melalui pengaktifan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh unsur desa,” lanjutnya.

 

“Beberapa kegiatan tersebut seperti pembangunan atau rehabilitasi Poskesdes, Polindes dan Posyandu, penyediaan makanan sehat untuk peningkatan gizi balita dan anak, perawatan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui,” ujarnya.

 

Pelda M Hartono menjelaskan stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.“Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (Kerdil) dari standar usianya,”

 

Sosialisasi ini bertujuan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, dengan kemampuan sosial, dan fisik yang siap untuk belajar.  “Sehingga menjadi anak anak yang cerdas karena untuk generasi penerus bangsa,”  pungkas Pada M Hartono. (red/R11)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.