Magetan. Komandan Koramil 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Kapten Caj Jemani bersama Forkopimca Magetan menghadiri pelaksanaan kegiatan Pelatihan Driver Ojek ibu Hamil dalam rangka Pengembangan/Replikasi Inovasi JEKMIL Kab Magetan bertempat Gedung Pertemuan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Rabu (30.11.2022)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Magetan Tri Atmadi S.Sos, Danramil Tipe B 0804/01 Kapten Caj Jemani, Kapolsek Magetan Akp. Sini S.H, Kepala Puskesmas Candirejo dr.Diana Etikawati, Kepala Puskesmas Bendo dr.Ririn, Dinkes Kab.Magetan dr.Rindra, Kepala Desa/Kelurahan Sekec Magetan, Karyawan Puskesmas Candirejo, Karyawan Din Kes kab.Magetan, Perwakilan tiap-tiap Desa kader Ojek ibu hamil.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Magetan terus berupaya menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi di wilayahnya. Salah satu upayanya adalah menginisiasi layanan transportasi dan pendampingan khusus ibu hamil yang diberi nama ojek ibu hamil atau Jekmil.

Jekmil melayani ibu hamil yang tidak mampu datang ke Puskesmas karena suami atau keluarganya tidak bisa mengantar. Sopir Jekmil akan menjemput ibu hamil ke rumahnya, mendampingi ibu hamil selama proses pemeriksaan, dan mengantar kembali ke rumahnya. “tutur Kapten Caj Jemani.

Jadi petugas Jekmil driver harus paham tentang kesehatan ibu, kesehatan anak bagaimana menjaga kehamilan tetap aman dan kedua materi yang akan disampaikan terkait dengan safety riding dan keamanan berkendara.

Jekmil ini tidak sama dengan ojek online karena ada kekhususan tersendiri dari jekmil yang pertama adalah drivernya harus wanita, kemudian yang kedua dia harus dari wilayah setempat kemudian yang ketiga dia harus memahami terkait kesehatan ibu dan anak, dan ini tidak bisa di layani lewat ojol. “pungkas Kapten Caj Jemani.

Kegiatan Pelatihan Driver Ojek ibu Hamil dalam rangka Pengembangan/Replikasi Inovasi JEKMIL Kab Magetan bertempat Gedung Pertemuan Kecamatan Magetan selesai dalam keadaan aman dan tetap mentaati protokol kesehatan. (R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.