Magetan. Upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Magetan, terus dilakukan dengan berbagai pelayanan di posyandu ataupun jemput bola ke rumah-rumah warga yang mempunyai anak stunting untuk medapatkan pelayanan kesehatan lebih lanjut.

Pencegahan stunting  ini juga tak luput dari perhatian  Puskesmas Barat  dan Koramil 0804/08 Barat, seperti yang dilakukan Serda Widodo Babinsa Blaran bersama petugas Puskesmas Barat, pagi ini melaksanakan  pendampingan  bagi  anak stunting  di Desa Blaran untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD dr. Sayidiman Magetan. Senin (19/12/2022)

Menurut keterangan  Serda Widodo kegiatan yang dilakukan yaitu pemerikasaan tumbuh kembang anak seperti, pengukuran tinggi dan penimbangan berat badan, pemberian vitamin dan imunisasi untuk meningkatkan imunitas  tubuh, pemberian makanan tambahan dan pemeriksaan kesehatan serta konsultasi kesehatan, ”ungkapnya”.

Lanjut Serda Widodo, selain itu para ibu dari anak penderita stunting juga terus dimotivasi agar selalu memberikan asupan gizi yang dianjurkan demi mengejar ketertinggalan pertumbuhan sehingga diharapkan dapat sejajar dengan anak-anak lainnya pada umumnya.

Saat dikonfirmasi Danramil 0804/08 Barat Kapten Arm Agus Haryono membenarkan pendampingan  pencegahan stunting yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0804/08 Barat, Ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan secara rutin sehingga anak-anak mereka tumbuh sehat.

Edukasi dan motivasi yang berkesinambungan sangat penting karena masyarakat pada umumnya masih menganggap bahwa pertumbuhan anak sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor keturunan, padahal dipengaruhi oleh nutrisi, pola hidup, dan lingkungan.

“Dengan kehadiran Aparat Teritorial (Apter) di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan motivasi, dorongan serta tauladan yang baik sehingga apa yang dilakukan Puskesmas Barat bersama Koramil 0804/08 Barat bisa bermanfaat untuk mewujudkan masyarakat sehat” jelasnya. (R.08)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.