Magetan – Masih dalam rangkaian memperingati HUT RI ke 78, Pawai Budaya berlangsung hari ini sejak pukul 14.00 WIB, Bertempat di sepanjang Jalan  Pahlawan- Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Basuki Rahmat Magetan, pawai ini menampilkan arak-arakan dan kemeriahan berbagai kreasi budaya yang menggambarkan kejayaan dari berbagai kerajaan dan keraton yang ada di Jawa Timur. Ratusan peserta tampil mewakili sekolah masing-masing dari tingkat SMP/MTS dan SMA/MAN/SMK di Kab. Magetan. sabtu(27/8/2023)

Menurut panitia, kegiatan ini menggambarkan keberagaman kebudayaan kerajaan dan keraton yang ada di Indonesia tempo dulu. Filosofi dan konsep dasar dari pawai ini adalah keunikan budaya dan sebagai titik temu berbagai kebudayaan yang beragam. Meski beragam, pawai budaya ini tetap menghasilkan harmonisasi.

Penyelenggaraan Pawai Budaya ini secara tidak langsung memberikan kontribusi besar terhadap penanaman pendidikan karakter kepada peserta didik, sekolah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengolah rasa. Sehingga diwujudkan dalam penampilan yang apik agar menghipnotis ribuan penonton yang memadai sepanjang jalan yang dilalui Pawai Budaya.

Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si. menyampaikan kegiatan ini selain memperingati hari kemerdekaan juga sebagai ajang menggali potensi kreasi seni para peserta dan untuk melestarikan nilai budaya yang ada di Magetan khususnya dan Indonesia Pada umumnya, “terangnya”

Sementara itu, Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., mengapresiasi kegiatan Pawai Budaya yang diadakan oleh Pemkab Magetan, ini sebagai wujud kreatifitas dalam mengisi dan menyemarakkan peringatan HUT RI ke 78. “Kegiatan pawai budaya ini juga sebagai penyemangat dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme dikalangan pelajar dalam mengisi kemerdekaan” pungkasnya. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.