Magetan.kodim-magetan.com  – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0804/04 Parang Serka Soetrisno memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa-siswi di SD Negeri 2 Ngaglik, Desa Ngaglik, Kecamatan parang, Kabupaten Magetan, Senin(08/01/2024).

 

Serka Soetrisno menjelaskan, anak-anak usia dini yang masih berada dalam tahap usia emas akan sangat mudah menangkap dan mempraktekkan apa yang ia pelajari. Wajib bagi kita untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran serta keseharian anak,” ujar Babinsa.

 

Ia juga mengurai bahwa pelajaran bukan hanya diperkenalkan secara teoritis, melainkan anak-anak bisa mulai mengenal Pancasila melalui aktifitas sehari-hari. Karena itulah, saat memberikan materi kepada anak-anak, ia lebih banyak mencontohkan beberapa aktifitas yang menjadi modal awal untuk mengenalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

 

“Salah satu contoh mengamalkan Sila Pertama, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Cara termudah mengenalkan anak dengan agama dan Tuhan Yang Maha Esa, adalah dengan mengajaknya beribadah bersama di tempat ibadah sesuai agama masing-masing,” tutur Babinsa.

 

Menutup kegiatan materi Wawasan Kebangsaan di SD Negeri 2 Ngaglik  Serka Soetrisno tak lupa memotivasi para siswa agar rajin belajar, serta selalu mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa dengan rajin beribadah.

 

Kepala sekolah SD Negeri 2 Ngaglik mengucapkan terima kasih atas kedatangan Babinsa. Semoga bisa menambah wawasan para siswa-siswi untuk mengetahui lebih luas tentang Bela Negara dan memaknai, serta mengimplementasikan setiap butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pungkas Serka Soetrisno(R 04)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.