Magetan. Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Hasan Dasuki, S.Sos., bersama jajaran Forkopimda Magetan melaksanakan gerakan menanam pohon dengan melaksanakan penghijauan di lingkungan Kampus  Universitas Negeri Surabaya (UNESA)  5 Magetan di jalan raya Barat, Kec. Maospati, Kab. Magetan. Senin (29/4/2024)

 

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Hasan Dasuki, S.Sos., menuturkan dalam gerakan menaman pohon yang dilakukan bersama Forkopimda Magetan tidak lain untuk mendukung program pemerintah dalam gerakan penghijauan, manfaatnya untuk mengurangi dampak terkait dengan situasi El Nino kedepan.

 

“Menanam dan memelihara pohon merupakan kegiatan berkelanjutan yang diharapkan memberi manfaat jangka panjang terhadap lingkungan, khususnya lingkungan yang sehat di Kampus UNESA 5 Magetan,” ucapnya.

 

Menurutnya, urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak cucu kita. Sebenarnya saat kita menanam pohon, kita sedang menanam doa dan menanam harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang seperti harapan kita semua, “lanjut Dandim”.

 

Penanaman dan pemeliharaan pohon juga merupakan salah satu aspek dari Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Pada Satuan Pendidikan Formal (Gerakan PBLHS). Ini sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Dikbudristek dan Kementerian Dalam Negeri, “tandasnya”.

 

Dandim juga menyampaikan apresiasinya terhadap gerakan peduli lingkungan yang dilakukan Kampus UNESA 5 Magetan, ini merupakan Langkah konkrit dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan menjadi Gerakan pionir.

 

Menanam pohon menjadi sangat penting sebagai upaya strategis mengatasi krisis planet berupa efek perubahan iklim, polusi udara dan ancaman keaneka ragaman.

 

Penanaman pohon bermanfaat untuk keseimbangan ekologi, juga manfaat yang multiguna bagi manusia dan semua mahluk hidup, karena menyimpan oksigen dan menghasilkan karbon yang bermanfaat bagi  mahluk lain, ”ujarnya”. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.