Magetan. Selaku Aparat Komando Kewilayahan, Koramil 0804/08 Barat selalu memberikan Pembinaan kepada generasi muda dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang diperuntukkan bagi Pramuka Penegak guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara mulai sejak dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan, Sabtu (27/04/24).

Selain itu, kegiatan Pembinaan ini juga bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi yang diwadahi dalam kelima Krida yaitu Krida Survival, Krida Pioneering, Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering dan Krida Penanggulangan Bencana sebagai bekal nantinya dalam memberikan pembinaan Pramuka kepada adik-adiknya di sekolah masing-masing.

Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika pangkalan Slamet Riyadi Gudep 07.59 – 07.60 ini rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu bertempat di Makoramil 0804/08 Barat. Kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini diikuti oleh siswa-siswi SMA, SMK dan MAN yang berada di wilayah Koramil 0804/08 Barat dan sekolah di sekitarnya.

Danramil 0804/08 Barat Kapten Arm Agus Haryono saat ditemui menjelaskan Saka Wira Kartika ini merupakan gerakan Pramuka di bawah binaan TNI-AD yang bertujuan menciptakan kader-kader bangsa melalui pemberian pendidikan matra darat bagi gerakan pramuka melalui aksi nyata, produktif dan bermanfaat, ”jelasnya”.

Gerakan Kepramukaan memiliki peran strategis dalam pembentukan kader-kader bangsa sekaligus merupakan salah satu wahana pendidikan non formal dalam membentuk karakter bangsa bagi generasi muda. Karena didalamnya banyak menanamkan untuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, melatih tanggung jawab, disiplin, mengajarkan kerelaan untuk berkorban dan tolong menolong antar sesama. “imbuhnya”. (R/08)

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.