Magetan – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajar Koramil 0804/08 Barat , Serda Siswanto mengikuti kegiatan simulasi bencana alam yang diselenggarakan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan di Desa Jajar Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Sabtu (27/4/2024)

Babinsa Desa Jajar, Serda Siswanto mengatakan, kegiatan simulasi bencana alam ini sangat penting dalam meningkatkan kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Kami sangat mendukung kegiatan ini karena melalui simulasi ini, warga bisa cepat dan tanggap untuk menghadapi bencana banjir bila terjadi.

Dalam kegiatan simulasi tersebut, para warga diajarkan cara evakuasi dan pertolongan pertama kepada korban bencana alam, seperti banjir  warga juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara melaporkan kejadian bencana alam kepada pihak berwenang, ”ucapnya”.

Selain itu, Babinsa juga berperan sebagai garda terdepan di desa sangat penting dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang mitigasi bencana alam.

“Kami akan terus aktif dalam memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat agar mereka dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana alam” ungkapnya. (R.08)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.