Magetan.- Dalam upaya menekan populasi hama tikus sawah, Babinsa Koramil Tipe B 0804/08 Barat, bersama PPL, Mantri Tani, petani dan warga, melakukan gropyokan masal memburu tikus sawah di lahan pertanian Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jumat (31/05/2024).

 

Pada awal tanam tahun ini para petani masyarakat desa Gunungan, Kecamatan Kartoharjo meresahkan dengan banyaknya hama tikus. Dengan adanya ini petugas PPL dan Mantri Tani Kecamatan Kartoharjo bersama dengan Babinsa Koramil Tipe B 0804/08 Barat dan masyarakat petani secara bersama-sama melaksanakan pengendalian hama tikus dengan cara gropyokan hama tikus.

 

Sementara itu, Babinsa Koramil Tipe B 0804/08 Barat Peltu Suroto menuturkan musuh utama para petani berdampak fatal terhadap hasil panen padi adalah hama tikus. Agar serangan hama tikus itu tidak terus meluas maka harus segera ditanggulangi dan salah satu upaya penanggulangan dimaksud yaitu dengan cara gropyokan secara bersama-sama.

 

“Melalui gropyokan secara bersama-sama ini diharapkan pada musim tanam sekarang dapat mengurangi serangan hama tikus di lahan sawah warga,” tutur Peltu Suroto.

 

Pada kesempatan terpisah, Danramil Tipe B 0804/08 Barat Kapten Arm Agus Hariyono, menjelaskan bahwa keterlibatan Babinsa Koramil dalam kegiatan perburuan hama tikus sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Apa yang mereka lakukan, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut MOU TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan, (R 08).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.