Magetan. Babinsa Desa Sidowayah Koramil 0804/03 Panekan, Kodim 0804/Magetan, Serda Priyono melaksanakan kegiatan pendampingan pemeliharaan tanaman padi milik Bapak Agus anggota kelompok tani di Desa Sidowayah, Kec. Panekan, Kab. Magetan, Jum’at (24/5/2024).

 

Kegiatan yang dilakukan Serda Priyono dalam pendampingan pertanian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil panen padi petani guna mencapai swasembada pangan nasional.

 

Disela-sela kegiatan, Serda Priyono menyampaikan, perawatan tanaman padi ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian produksi gabah saat panen nanti, diperlukan perawatan tanaman padi yang tepat dan benar, terlebih saat tanaman padi dipenuhi gulma dan diserang hama atau penyakit.

 

“perawatan tanaman padi yang tepat dan benar harus dilakukan terutama pemupukan mulai tanaman padi mulai berusia tujuh hari, dua puluh hari dan usia tiga puluh hari. Dalam penggunaan jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat, dan pemerantasan gulma dan hama, hal ini perlu adanya konsultasi bersama PPL dan Babinsa yang melakukan pendampingan,” ujarnya.

 

Ditempat terpisah Danramil 0804/03 Panekan Kapten Inf Sunaryo mengatakan, pendampingan terhadap petani yang dilakukan para Babinsa sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan pertanian yang digalakkan oleh kementrian pertanian dan TNI.

 

“Kegiatan perawatan tanaman padi ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian hasil panen, dengan adanya kenaikan produktifitas hasil panen maka pendapatan petani akan bertambah dan program swasembada pangan yang digalakkan oleh pemerintah akan terwujud,” pungkas Danramil. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.