Magetan. – Pertanian merupakan sektor penting dalam pembangunan di daerah pedesaan, keberhasilan sektor pertanian dalam membantu mengatasi masalah pangan sangat bersinggungan erat dengan ketersediaan pangan bagi masyarakat khususnya Desa Kembangan di Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan merupakan salah satu desa yang memiliki potensi pertanian yang besar.

Untuk membangun dan memperkuat sektor pertanian, Babinsa Koramil Tipe B 0804/09 Sukomoro Serka parlan bersama PPL desa kembangan melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian bersama Poktan Sido Maju yang sedang panen padi di desa Kembangan Jum,at 14/06/2024

Pendampingan pertanian dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai teknik bercocok tanam yang baik dan benar. Selain itu, Serka parlan juga turut membantu petani dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi, seperti hama dan penyakit tanaman. Saat kegiatan pendampingan, Babinsa juga mengajak para petani untuk bersama-sama mengevaluasi hasil panen yang sudah dihasilkan. Hal ini bertujuan untuk membangun kerjasama yang erat antara Babinsa,PPL kecamatan sukomoro dan para petani dalam memajukan sektor pertanian.

Babinsa berusaha untuk menjalin hubungan yang baik dengan para petani, baik melalui pertemuan formal maupun informal. Melalui kegiatan pendampingan, para petani juga dapat mengutarakan aspirasinya dan memberikan masukan untuk pengembangan pertanian di desa Kembangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan pertanian ini, harapan kami semoga dapat membantu para petani Padi di desa Kembangan, sehingga hasil panen yang maksimal.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan bersama-sama, para petani merasa senang dan terbantu dengan adanya pendampingan dari kami. Selain itu,harapan kami semoga dari kegiatan pendampingan ini bisa membangun hubungan yang harmonis antara Babinsa,PPL kecamatan sukomoro dan para petani.

Serka Parlan dalam obrolan mengatakan ” di tengah kondisi ini ketersediaan pangan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan pemerintah Desa Kembangan bersama unsur pertanian terutama Poktan untuk memberikan sarana yang merupakan salah satu hal yang penting dalam memwujudkan Ketahanan Pangan di wilayahnya. Dengan ketahanan pangan melalui pendampingan pertanian, diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian, memperbaiki kesejahteraan petani, serta meningkatkan ketersediaan pangan bagi masyarakat luas. (R 09)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.