Magetan – Danramil Tipe B 0804/01 Magetan melaksanakan kegiatan pelatihan Kesiap siagaan masyarakat desa menghadapi bencana dan penguatan  Satlinmas bertempat di aula kantor Desa Candirejo Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.Rabu (22/09/2021)

Dalam rangka menyiapkan Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) yang handal serta mempunyai wawasan kebangsaan di wilayah binaannya, Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Kapten Caj Jemani  kembali berikan pembekalan Materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 30 Anggota Linmas Desa Candirejo di Balai Desa Candirejo Kecamatan Magetan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Candirejo ini bertujuan agar anggota Linmas tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya dengan keutuhan bangsa Indonesia. Selain itu hal ini merupakan bagian upaya dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara sebagai suatu bangsa, yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai Narasumber, Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani menjelaskan bahwa Wawasan Kebangsaan memiliki peran yang vital untuk mewujudkan keutuhan bangsa dalam mewujudkan tujuan Nasional Negara Indonesia. Dia juga menjelaskan bahwa saat ini, Indonesia mengalami krisis dimensional yang mengancam integritas bangsa dan negara.

“Pudarnya rasa nasionalisme ini diakibatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat akan wawasan kebangsaan semakin minim,” Jelas Danramil.

Dia tidak menginginkan rasa cinta tanah air anak bangsa dilakukan dengan cara-cara yang salah, cara yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, maka dari itu harus diarahkan sejak dini agar nantinya para generasi muda dapat benar-benar menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai jiwa nasionalisme, cinta tanah air, bela negara dan siap memajukan NKRI menjadi bangsa pemenang.

“Termasuk keterlibatan kami dari Koramil Tipe B 0804/01 Magetan dalam pelatihan kepada Linmas merupakan salah satu upaya untuk membina komponen cadangan Sistem pertahanan dan Keamanan Nasional serta bekal bagi anggota Linmas sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air kepada generasi penerusnya,” ungkap Kapten Caj Jemani.

“Sebagai pelayan masyarakat, perangkat Linmas di desa harus mampu menjadi sosok yang bisa di teladani oleh masyarakat, tidak hanya cerdas namun harus memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat dari setiap individunya,”Pungkas Kapten Caj Jemani.(R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.