Magetan.  Anggota Sakawira Kartika Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan  melaksanakan latihan rutin dengan materi Krida Navigasi Darat, yang diisi oleh Sertu Ponijan selaku Instruktur dengan peserta siswa siswi Pramuka SMA/SMK/MA Magetan dan sekitarnya, bertempat di Makoramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Jl.Pahlawan Magetan Kecamatan Magetan  Kabupaten Magetan. Minggu (19/12/2021)

Sertu Ponijan mengatakan, Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “ujarnya”

Lanjut Ponijan, Krida Navigasi Darat terdiri atas empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu SKK Pengetahuan Peta dan Medan, SKK Kompas Siang dan Malam, SKK Pengetahuan Resection dan Intersection dan SKK Pengetahuan Global Position System (GPS). Empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) ini wajib dikuasai oleh Krida Navigasi Darat, sehingga perlu diadakan latihan rutin secara bertahap, bertingkat dan berlanjut untuk menempa dan mengasah kemampuan para anggota supaya dapat diterapkan di lapangan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani mengatakan, untuk menyiapakan para pelajar yang memiliki semangat juang yang tinggi dan tangguh Koramil Tipe B 0804/01 Magetan turut bertanggung jawab dengan melalui Satuan Karya Pramuka Wira Kartika agar para pelajar mempunyai pemikiran dan tingkah laku yang positif.

Selain itu Danramil juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut,  Saka Wira Kartika  mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19 karena pandemi belum berakhir. (R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.