Magetan – Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan bersama Markas Ranting (Maran) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) setempat melakukan pemancangan bambu runcing atas nama Suroi  di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sedoro KPR ASABRI 1 kelurahan Tawanganom kecamatan Magetan kabupaten Magetan.Rabu (16/03/2022)

Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani  selaku Isnpektur Upacara, memancang bambu runcing yang diberi bendera merah putih pada ujung bambu runcing tersebut di atas makam almarhum Soeroi.

Hadir dalam acara ini Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani, Ketua LVRI Maran Magetan bapak Sutejo, perangkat kelurahan Tawanganom dan perwakilan keluarga almarhum.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari personel Koramil Tipe B 0804/01 Magetan, anggota LVRI Maran Magetan.

Kapten Caj Jemani, menjelaskan pemancangan bambu runcing yang ada di makam tersebut adalah suatu bentuk penghargaan pemerintah, akan jasa-jasa almarhum yang telah banyak berjuang demi bangsa dan negara ini.

“Karena posisinya di pemakaman umum, bambu runcing ini juga sebagai pembeda antara makam orang umum dengan makam para pejuang bangsa. Mereka adalah penjuang kemerdekaan yang layak dihargai,” kata Kapten Caj Jemani.

Masih menurut Danramil, pemancangan ini sebagai bentuk penghargaan bagi para pejuang atas jasa-jasanya ikut berjuang membawa Indonesia lepas dari belenggu penjajahan.

“Pemancangan bambu runcing ini memang sudah sepantasnya dilakukan oleh pemerintah kepada pahlawan bangsa,” lanjut Danramil.

Sebagai penghargaan pada jasa pahlawan, hari ini kita melaksanakan pemancangan bambu runcing diatas pusara salah satu Veteran Republik Indonesia almarhum Suroi. Kita berikan apresiasi atas pelaksanaan pemancangan bambu runcing ini. Semoga semua yang hadir dan yang terlibat dan tentu saja diharapkan bisa meneruskan apa yang sudah dilakukan oleh pahlawan pendahulu kita.

“Saya berharap dengan adanya pencanangan ini warga Magetan bisa tahu jika di daerah ini juga banyak ditemukan pahlawan bangsa, yang ikut bertempur di medan perang dalam ikut merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” paparnya.

Sebagai generasi penerus, tambahnya, adanya pemancangan bambu runcing bisa menambahkan rasa semangat nasionalisme dan patriotisme. Ini sangat penting karena saat ini rasa nasionlasime dan patriotisme dikalangan pemuda (kaum milenial) mulai tergeser oleh kemajuan jaman.pungkas Kapten Caj Jemani.(R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.