Magetan, Warga Desa Dukuh Kecamatan Lembeyan kompak menyemarakan agenda bersih desa yang menjadi salah satu tradisi lokal di desa setempat. Hal itu pun disambut positif dengan Forkopimca Lembeyan, salah satunya Danramil 0804/12 Lembeyan yang menilai kegiatan bersih desa menjadi momentum yang tepat untuk membangkitkan eksistensi kesenian dan kebudayaan daerah, Rabu (15/06/2022).

Menurut keterangan Kepala Desa Dukuh Romelan, bersih desa menjadi salah satu kegiatan yang kental akan budaya. Sebab didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang menjunjung tinggi nilai luhur dan adat istiadat. Misalnya selamatan untuk kirim do’a kepada leluhur, yang dikemas dengan cara berbeda-beda sesuai tradisi di setiap desa.

Saat dikorfirmasi di sela kegiatan Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Arif Wibowo menyampaikan melestarikan budaya menjadi kewajiban bagi setiap warga negara sehingga pihaknya memberikan dukungan terhadap Desa Dukuh yang tengah menyelenggarakan kegiatan bersih desa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME.

“Pelestarian tradisi dan budaya dapat diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya bersih desa ini, jadi harus tetap dilestarikan, “terang”.  (Red/12)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.