kodim-magetan.com Magetan Budaya Lokal masyarakat desa sampai sekarang masih terus dilestarikan dan terpelihara dengan baik. Sperti di wilayah Kec. Kartoharjo Kab Magetan. Hal tersebut tercermin dalam kegiatan bersih desa atau nyadran di rumah kepala Desa Bayem Wetan Kec. Kartoharjo, Kab. Magetan, Sabtu (30/07/2022).

 

Kehadiran Babinsa Ds. Bayem wetan yang bersinergis dengan Bhabinkamtibmas menambah kesakral an acara tersebut dimana warga yang ikut dalam acara tersebut merasa aman dalam melaksanakan Ritual bersih dessa tersebut.

 

Babinsa Koramil 0804/08 Pos Kartoharjo Desa Bayemwetan Serka Budi Wiyono menyampaikan bahwa Ritual ini adalah rangkaian Bersih Desa bayemwetan dan sudah merupakan Budaya turun temurun yang tetap terpelihara kelestariannya dan kami sebagai Pembina desa harus memberi Sport atas acara ini sehingga masyarakat yang melaksanakan Ritual selamatan ini merasa aman dan fokus.

 

Tradisi Bersih Desa kali ini dilaksanakan di depan rumah Kepala Desa Bayemwetan Kec. Kartoharjo Kab. Magetan. Kegiatan tradisi Bersih Deso dengan didahului dengan membaca memanjatkan doa-doa kepada Alloh SWT secara bersama-sama yang dipimpin oleh tokoh adat atau tokoh agama.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Serka Budi wiyono selaku Babinsa Koramil 0804/08 Pos Katoharjo Desa bayemwetan  yang menyampaikan bahwa kearifan budaya lokal masyarakat Desa bayemwetan dapat terpelihara desa baik melalui acara ritual bersih desa ini. “Kehadiran kami disini bersama Bhabinkamtimas sebagai wujud Sinergitas TNI – Polri dlm menciptakan rasa aman bagi Warga yang melakukan aktifitas budaya,” jelasnya. (red/tsrmdc0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.