Magetan. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Jambangan beserta Babinkamtibmas menghadiri acara Bersih Desa jambangan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Sabtu (13/08/2022).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala desa Jambangan bapak David Indra kusama beserta perangkat desa, Babinsa desa Jambangan Koptu Amin dan Babinkamtibmas Bripka Hendro, Ketua LPM beserta anggota, Ketua BPD beserta anggota, Ketua RT dan Ketua RW desa Jambangan, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, dan Tokoh adat desa Jambangan.

Kepala desa Jambangan bapak David Indra kusama dalam sambutannya mengatakan, tradisi bersih Desa merupakan wujud rasa syukur dan tradisi turun temurun dari zaman leluhurnya yang diadakan setiap setahun sekali.

“Adapun kegiatan Bersih Desa ini yang dilakukan dengan mengadakan selamatan syukuran di tempat-tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat pejuang yang telah babat (buka) Desa Tersebut,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Babinsa Koramil 0804/10 Kawedanan, Koptu Amin menyampaikan, kegiatan bersih desa ini merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas semua rejeki yang telah diberikan serta keselamatan dan kemakmuran kepada seluruh warga masyarakat desa Jambangan.

“Ini juga adalah salah satu tradisi/adat desa yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, selanjutnya ditengah pandemi virus Covid-19 ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap selalu menjaga Protokol Kesehatan dalam setiap kegiatan/aktivitasnya,” pungkas Babinsa. (R 10).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.