Magetan. Kegiatan olahraga yang berlangsung di Lapangan Apel Makodim 0804/Magetan, diwarnai dengan adanya pelayanan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) “Kartika Sehat” yang sudah bersiaga sejak pagi. Jum’at (12/8/2022)

Dijelaskan Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P Posbindu PTM “Kartika Sehat” yang digagas oleh Persit itu, sangat berguna untuk mendeteksi adanya penyakit tidak menular atau PTM yang sekarang menjadi perhatian Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Kodim 0804 Magetan.

“Persit Kodim 0804 Magetan saat ini mulai berupaya mengambil langkah preventif dan deteksi dini, salah satunya adalah membuka adanya pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular atau Posbindu PTM,” ujar Dandim 0804/Magetan.

Dijelaskan Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kodim 0804, Ny. Afenty Dani Indrajaya, Selain pengecekan tekanan darah, para Persit yang ada di Posbindu juga melakukan pengecekan atau pemeriksaan gula darah, asam urat, penimbangan berat badan, tinggi badan, pengukuran lingkar perut dan beberapa pemeriksaan lainnya serta konsultasi kesehatan.

Tidak hanya itu, dirinya juga berupaya untuk mensosialisasikan adanya resiko penyakit tidak menular tersebut ke masyarakat yang nantinya akan dilakukan secara terpadu, rutin dan periodik melalui Posbindu.

“Karena penyakit tidak menular sering kali tidak terdeteksi, seperti hipertensi, diabetes, stroke, ginjal dan jantung, maka keberadaan Posbindu PTM ”Kartika Sehat” ini sangat dirasakan manfaatnya,” jelas Ny. Afenty Dani Indrajaya. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.