Magetan. Danramil 0804/03 Panekan Kapten Arm Khoirudin sangat mengapresiasi semangat warga terung dalam melestarikan kearifan lokal.

Hal tersebut diasampaikan saat mendampingi Bupati Magetan menghadiri kirab “Merti Bumi Terung” sebagai ungkapan bersyukur kepada yang Esa atas melimpahnya hasil bumi Desa Terung dan merayakan HUT Ke – 77 Kemerdekaan RI, yang digelar masyarakat  Desa Terung, Kec. Panekan, Kab. Magetan. Senin (22/8/2022)

Merti Bumi Terung ini sendiri merupakan wujud ekspresi syukur masyarakat Desa Terung atas melimpahnya hasil panen serta harapan akan Desa yang aman, damai dan warganya senantiasa diberi kesehatan.

Pelaksanaan Merti Bumi kali ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dan dalam rangkaiannya sendiri menyuguhkan berbagai kesenian lokal, bazar UMKM dan pementasan hiburan rakyat sejenisnya dan untuk kirab sendiri diikuti oleh ratusan warga dari masing-masing RT di Desa Terung.

Danramil 0804/03 Panekan Kapten Arm Khoirudin mendukung penuh kegiatan Merti Bumi Terung yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap dipertahankan di masa modern seperti saat ini.

Menurut Kapten Arm Khoirudin “kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Desa Terung masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih diteruskan dan dikenalkan kepada generasi muda,” tuturnya. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.