kodim-magetan.com | Magetan Sukomoro | Guna terciptanya Kebersamaan TNI bersama rakyat, Babinsa Koramil Tipe B 0804/09 Sukomoro Serma Suyono melaksanakan Pemantauan terhadap Warganya yang Komplin terhadap bau menyengat yang diakibatkan Pupuk Cair yang di semprotkan di lahan tebu yang lokasinya bertepatan di lahan tebu yang berdekatan dengan pemukiman warga masyarakat Desa Sukomoro. Sabtu (10/09/2022)

 

Dalam kegiatan komplin tsb dihadiri oleh Kapolsek sukomoro AKP Ika W Kades Sukomoro Bapak Riyadi Ketua BPD sukomoro Babinsa Sukomoro Serma Suyono Babinkamtibmas Brigadir Beni Perangkat Desa Warga yang Komplin serta Penguasa Pupuk.

 

Kades Sukomoro Bapak Riyanto menyampaikan Bahwa bauk yang menyengat yang dikeluhkan oleh masyarakat itu karena dampak dari penyemprotan pupuk yang semprotkan di lahan tebu yang akhir mengganggu dan meresahkan warganya. Kami selaku pimpina Desa akan mewadahi dan membawa masalah ini ke pemerintah Daerah agar di selesaikan sesuai instansi yang terkait.”Ungkapnya.

 

“Bapak Wahyu selaku Masyarakat Robahan yang Komplin menyampaikan terkait dengan dampak bauk yg menyengat akibat penyemprotan cair,kami sebagai masyarakat kami mengharap kepada Bapak Kades dan BPD selaku perangkat Desa,kami masyarakat meminta kepada para perangkat memohon kepada Bapak Kades memperhatikan tentang keadan kami.

 

Dalam mengungkapkan aspirasinya Bapak wahyu sempat mengeluarkan kata kata yang berupa ancaman. Kami warga RT 08 RW 02 Sukomoro Mengancam jika nanti pemerintah Desa jika tidak memperhatikan RT kami, jangan salahkan klo Tebu tersebut kami bakar karena Kades tidak pernah membantu Warga kami.”Tegasnya.

 

Setelah mengutakan koplin Warga meminta Pemdes untuk dilaksanakan pengecekan  ke TKP (Lahan Tebu) ,setiba dilahan memang benar adanya bahwa pupuk tsb memang mengganggu dan mengeluarkan bauk menyangat yang berdampak dipernafasan,ditengah kordinasi sempat terjadi ketegangan namun bisa teratasi. setelah diadakan kordinasi antara warga dan pengusaha pupuk pemDes bersama Forkopimca melaksanakan kesepakatan untuk membuat surat pernyataan agar kedua pihak sama sama bisa menerima dan memahami.

 

Babinsa Sukomoro Serma Suyono mengatakan Bauk Yang menyangat ini memang berasal dari limbah pupuk cair yang di dapat dari Pabrik tebu yang di jaual ke masyarakat dengan tujuan agar tanaman Tebu bisa menjadi subur mengingat  pupuk mahal dan stok pupuk subsidi berkurang  yang harapannya panen kedepan dapat menghasilkan panen yang lebih baik.”Tuturnya

 

“Saya (Lurah Desa Sukomoro) menyampaikan terima kasih banyak atas kepedulian Babinsa dalam membantu penyelesain warga saya semoga dengan kegiatan ini bisa menambah keakraban dan kesolitan kami antar masyarakat dengan Babinsa ” Pungkasnya  (Red/R09)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.