Magetan..kodim-magetan.com – Pelihara dan bina fisik secara berkala, serta mengukur kemampuan personel, Kodim 0804/Magetan menggelar  tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II  tahun 2022 dengan melibatkan Tim Jasmani Militer Korem 081/Dhirotsaha Jaya bertempat di Stadion Yoso Negoro, Magetan, Rabu (19/10/2022).

Garjas Periodik ini merupakan program rutin dari Komando Atas yang bertujuan untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit guna mendukung tugas pokok sehari-harinya.

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., menyampaikan Pelaksanaan Garjas ini meliputi Samapta A  yakni lari 12 Menit dan Samapta B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up, Lounges dan Shuttle Run serta ketangkasan renang 50 meter.

“Sebelum pelaksanaan, itu diawali dengan pengecekan kesehatan mulai dari tekanan darah, penimbangan berat badan dan dilanjutkan dengan senam peregangan guna menghindari cidera, sehingga pelaksanaan Garjas sesuai dengan kemampuan dan betul betul memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan,” ungkapnya.

Sementara itu Pasipers Kodim 0804/Magetan Kapten Arm Khoirudin selaku koordinator lapangan menjelaskan, Tes Garjas ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD, disamping sangat membantu bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) juga sebagai kelengkapan administrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainnya.

“Kegiatan ini sangat mendukung sekali bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat maupun sebagai kelengkapan administrasi mengikuti pendidikan dari Tamtama ke Bintara maupun Bintara ke Perwira serta dapat menunjang kesehatan dan mengetahui sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih pembinaan fisik di satuan guna mendukung tugas pokok TNI AD agar dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.(MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.