Magetan.kodim-magetan.com – Babinsa desa Banjarejo Posramil Ngariboyo, Koramil 0804/01 Magetan, Kodim 0804/Magetan Serma Dwi Herbiyanto mendampingi mantri hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Magetan memasang tanda Eartag pada hewan ternak sapi di Dukuh Alasmalang dan Dukuh Banjarejo desa Banjarejo kecamatan Ngariboyo kabupaten Magetan.Kamis(24-11-2022)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bpk. Yadi dan Bpk. Arief perangkat desa Banjarejo, Bpk. Kemis dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Magetan, Babinsa Desa Banjarejo Serma Dwi Harbianto beserta 1 orang Anggota Posramil Ngariboyo Koramil 0804/01 Magetan.

Babinsa desa Banjarejo menjelaskan eartag adalah tanda pengenal atau identitas yang dipasang pada daun telinga yang memiliki kode tertentu sesuai peternaknya.

Tujuan dari pemasangan eartag adalah untuk memudahkan seleksi dan recording serta memudahkan dalam monitoring tata laksana pemeliharaan. Kemudian memudahkan pencatatan dan pendataan populasi hewan, status reproduksi, serta distribusi hewan ternak.

Dikatakan, hewan ternak seperti sapi perlu dilakukan penandaan dan pendataan hewan ternak agar diketahui identitas setiap hewan dan populasi hewan ternak yang sudah divaksinasi secara nasional.

“Di dalam aplikasi tersebut petugas akan menginput semua data ternak mulai dari foto NIK peternak, lokasi dan status kesehatan hewan seperti tinggi badan, bobot badan sapi hingga status vaksinasi PMK hewan tersebut,” ujarnya

Adapun Hewan ternak sapi yang telah di pasang Eartag sejumlah 60 ekor, Jenis sapi simental 22 ekor, Jenis sapi limusin 37 ekor, Jenis sapi P.O  1 ekor,pungkas Serma Dwi Herbiyanto.(R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.