Magetan. Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kab.Magetan, Jawa Timur, sejak kemarin dengan curah hujan sedang, telah mengakibatkan dibeberapa titik terjadi tanah longsor. Salah satunya material longsor batu dan tanah sepanjang 5 meter menimpa rumah Pak Supar Desa Sukowidi,Kec. Panekan Kab. Magetan, Selasa (29/11/2022).

 

Tanah longsor tersebut disebabkan karena rumah terletak di bawah lereng bukit, sehingga apabila terjadi hujan tanah mudah longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, akan tetapi material tanah dan batu menutupi dapur bagian belakang rumah rumah Pak Supar.

 

Dengan adanya tanah longsor tersebut, sehingga Babinsa Koramil 0804/03 Panekan bersama masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkan material longsor yang menimpa dapur rumah warga dengan alat seadanya.

 

Dalam keterangannya Babinsa Sukowidi Serka Totok Harjito mengatakan bahwa, sebagai aparat kewilayahan harus tanggap terhadap bencana alam yang terjadi di wilayah binaannya, mengingat Kec. Panekan sangat rentan terjadi bencana.

“Kami setiap saat selalu siaga memantau wilayah, apalagi saat terjadi hujan deras.Sehingga apabila mendapat informasi bahwa telah terjadi tanah longsor, kami bergerak cepat melakukan penanganan”, ungkap Babinsa.

 

Mengingat sebagian wilayah Kecamatan Panekan merupakan wilayah perbukitan sehingga rawan terjadi bencana alam, Babinsa Sukowidi juga menghimbau kepada warganya agar selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan.

 

“Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam.Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan menyiapkan rencana penyelamatan dan pastikan jalur evakuasi, guna menghindari korban jiwa”, jelasnya. (MC0804)

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.