Magetan.kodim-magetan.com – Koramil 0804/08 Barat  Bersama  Puskesmas Barat terus melakukan upaya untuk mencegah stunting di Kecamatan Barat, dengan melaksanakan pemeriksaan rutin balita yang masuk kategori stunting.

Untuk mencegah stunting, Serka Karyadi selaku Babinsa Desa Purwodadi Koramil 0804/08 Barat  bersama petugas Puskesmas Barat langsung mengawal pelayanan kesehatan anak bawah lima tahun (balita) di RSUD dr Sayidiman, Magetan. Selasa (20/12/2022)

Serka Karyadi menyampaikan, stunting yaitu keadaan tubuh yang sangat pendek, atau dalam bahasa jawa disebut kuntet. Stunting dapat terjadi sebagai akibat adanya kekurangan gizi pada anak balita.

”Salah satu cara dalam pencegahan stunting yaitu pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan terhadap Ibu hamil dan balita harus diutamakan. Petugas juga harus melakukan pengecekan kesehatan secara rutin,” ujarnya.

Dalam keteranganya Danramil 0804/08 Barat Kapten Inf Agus Haryono menjelaskan upaya penanganan stunting menjadi bagian dari program TNI AD dan program pemerintah. Pasalnya, mengingat stunting akan berpengaruh terhadap kemajuan bangsa dan negara. Hal itu karena stunting berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa kelak.

“Banyak yang beranggapan pertumbuhan fisik sepenuhnya dipengaruhi faktor keturunan, padahal dalam pertumbuhan fisik anak balita juga lebih berpengaruh pada kurangnya asupan gizi,” jelasnya.

Sementara itu, Hera salah satu petugas Puskesmas Barat menyampaikan, Puskesmas Barat rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada balita. Di antaranya, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut dan kepala serta pemberian makanan atau gizi tambahan.

“Selain kegiatan posyandu, kami selalu memberikan sosialisasi kepada para orang tua yang memiliki balita untuk memperhatikan gizinya agar terhindar dari stunting,” ujarnya. (R.08)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.