Magetan. Babinsa Anggota Koramil 0804/03 Panekan Kodim 0804/Magetan Koptu Prasetyo bersama masyarakat membantu penanganan bencana tanah longsor. Tepatnya di Dusun Gelang Desa Sumber Dodol Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Jum’at (17/02/2023).

Tanah longsor disebabkan hujan dengan intensitas tinggi, mengakibatkan Talud rumah ibu Ana Sulistyani mengalami retak dan longsor dengan ketinggian ± 10 Meter, yang mengakibatkan akses jalan desa tertutup.

Babinsa Koptu Prasetyo Eko, bersama Bhabinkamtibmas dan Kepala desa beserta perangkat desa Sumber Dodol mendatangi lokasi dan melakukan pengecekan di titik longsor serta berkoordinasi dengan BPBD dan Mengerahkan masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lonsoran tanah.

Tampak dengan semangat Babinsa koramil 0804/03 Panekan Koptu Prasetyo, bersama masyarakat dalam membersihkan material longsor dengan harapan agar nantinya jalan tersebut cepat bisa di gunakan kembali.

Dalam kesempatan ini Danramil 0804/03 Panekan kapten Inf Asnan, melalui sambungan seluler, untuk di sampaikan kepada warga masyarakat setempat agar selalu waspada terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing, mengingat daerah wilayah desa Sumber Dodol tingkat kemiringan tanah cukup tinggi, ditambah sudah jarang pohon besar sebagai penahan tanah dan air disaat hujan turun dengan intensitas tinggi dan cukup lama. Untuk itu perlu melakukan pemantauan terhadap lingkungan disekitarnya.

“Sekiranya ada tanda-tanda alam seperti pohon miring atau tiang miring serta retakan tanah termasuk mendengar suara gemuruh maka segera cari tempat yang aman dan laporan kepada aparat terkait guna mengambil langkah-langkah penyelamatan untuk mengurangi korban, “ucap Danramil kapten Inf Asnan. (R.03)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.