Magetan.kodim-magetan.com – Dalam Rangka lomba babinsa inspiratif kodam V/Brawijaya, Babinsa Anggota Koramil 0804/03 Panekan jajaran Kodim O804/Magetan. Pelda Masyuriah terpilih dalam lomba kategori Peduli terhadap pendidikan, Pelda Masyuriah sebagai Bintara Pembina desa, dalam kesekian harinya juga Peduli terhadap generasi anak bangsa. melalui pembelajaran anak di luar nonformal di Rintisan Rumah Pintar Nawasena.

Pembelajaran yang dia berikan saat ini, tentang Edukasi Ketahanan Pangan dan Cinta Lingkungan kepada siswa siswi TK Pertiwi Kelurahan Panekan bertempat di Sekretariat Rintisan Rumah Pintar Nawasena. Jl. Panekan Pakis Kel. Panekan Kec. Panekan Kab. Magetan. Selasa (16/05/2023)

Rintisan Rumpin ini di gagas oleh Pelda Masyuriah berdasarkan pengalaman yang pernah di lakukan. Rumpin merupakan satuan pendidikan non formal (pendidikan luar sekolah) Kegiatan non formal ini dilakukan untuk menanamkan sikap disiplin dan bertanggung jawab serta membentuk karakter kepada anak di usia dini agar mereka belajar menghargai tentang produk hasil tanaman dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya. Terang Pelda Masyuriah

Sebelum materi di berikan, Pelda Masyuriah mengajak bermain serta mengajari yel yel yang di berikan dan di ikuti oleh siswa siswi dengan semangat dan akhirnya merasa senang dan terhibur, di Mulailah dari cerita menanam berbagai tanaman di dalam media polibag, di antaranya cara menanam bibit cabe, yang asli produk pribumi, dengan tujuan supaya anak-anak tau proses terjadinya suatu makanan tersebut dan  bisa menghargai tentang suatu makanan.

Di bagikan polibag satu persatu pada anak dan di pandu oleh Pelda Masyuriah untuk di kerjakan sendiri secara bersama-sama, mulai dari cara memasukkan tanah, mengambil bibit tanaman dan menanam bibit secara bersama sama.

Di sela sela praktek  tata cara menanam bibit tanaman Pelda Masyuriah menitipkan pesan terhadap siswa siswi harus Bertanggung Jawab Merawat dan Disiplin rajin menyiram pake air secukupnya dan setiap hari di laporkan perkembangan tanaman kepada guru pembina  sampe dengan tumbuh subur dan berbuah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua dewan juri tim Harian Disway Bapak Guruh Dimas beserta tim, Kasdim 0804/Magetan Mayor Kav Nanang  Choirudin, Camat Panekan Bapak Dicong Maleleh STP. MSi Danramil Panekan Kapten Inf Asnan, Kanitbimas Polsek Panekan Ipda Joko.P, Kakel Panekan Bapak Heptana Dwi.S,STP.MM ,Kepala Rumpin Nawasena Pelda Masyuriah, Anggota Koramil dan Polsek Panekan Serta anak anak TK Pertiwi Kel.Panekan.

Ketua tim dewan juri Harian Disway Bapak Guruh Dimas Mengatakan, Sangat Luar biasa dan berterima kasih kepada Koramil 0804/03 Panekan, yang ikut serta mendidik dan menanamkan kedisiplinan, tanggung jawab serta mendidik karakter anak, sehingga tau bagaimana cara menghargai produk  tanaman sendiri, semoga kedepan generasi penerus kita, bisa berguna bagi nusa dan bangsa. Tandas Pelda Masyuriah(R 03)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.